Masing-masing orang memiliki kata motivasi belajar yang berbeda-beda. Sebagai contoh, seorang anak sekolah memiliki motivasi belajar yang tinggi karena ingin lulus dengan nilai terbaik. Namun berbeda lagi dengan anak sekolah lainnya. Ia menumbuhkan kata motivasi belajar yang tinggi karena ingin mendapatkan hadiah dari kedua orang tuanya bila berhasil menjadi juara kelas. Contoh yang lain, seorang mahasiswa memiliki katamotivasi belajar agar ia bisa lulus tepat waktu dan bisa segera mendapatkan pekerjaan.

Mengapa masing-masing orang memiliki kata motivasi belajar yang berbeda-beda? Ada sejumlah faktor yang menyebabkan hal tersebut, antara lain sebagai berikut:

Pertama, perbedaan stimulus. Stimulus ini bisa datang dari diri sendiri maupun dari orang lain. Stimulus yang terbangung dari diri sendiri biasanya muncul akibat terbentuknya kesadaran mengenai pentingnya mempersiapkan bekal dalam menjalani kehidupan. Sedangkan stimulus yang datang dari orang lain umumnya muncul akibat dorongan dari orang-orang di sekitarnya.

Lalu tips apa yang sekiranya bisa memunculkan kata motivasi belajar pada diri kita? Simaklah beberapa tips berikut ini:

Pertama, belajarlah dari orang-orang sukses. Tidak ada masalah jika pada awalnya Anda mencontoh apa yang mereka kerjakan. Galilah pengalaman sebanyak-banyaknya dari mereka. Jika Anda telaten, niscaya Anda akan mendapatkan sesuatu yang berharga darinya.

Kedua, jangan bosan belajar. Tanamkan pemahaman dalam diri Anda bahwa belajar itu menyenangkan. Anda pun bisa belajar apa saja dan dari mana saja. Ada banyak sarana yang bisa Anda gunakan sebagai media belajar. Mulai dari internet, buku, televisi, radio atau bisa juga belajar dari orang-orang yang dekat dengan Anda seperti guru, teman, saudara, dan orang tua. Belajar juga tidak mengenal perbedaan tempat, sarana maupun usia. Keterbatasan sarana juga bukan alasan bagi Anda untuk tidak belajar. Sebab belajar itu tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sebab Anda bisa belajar dari orang lain bahkan belajar dari alam.

Ketiga, bergaulah dengan orang-orang suka belajar. Jika komunitas Anda bergaul adalah pecinta buku maka hal ini bisa menjadi stimulus yang akan memunculkan kata motivasi belajar pada diri Anda.

Keempat, jangan pernah lelah untuk selalu mencari inspirasi dan motivasi. Belajarlah dari orang-orang yang layak Anda jadikan sebagai motivator dan inspirator.

About these ads